Denny JA: Jokowi Menang Debat Kedua Capres Karena Ini

Denny JA: Jokowi Menang Debat Kedua Capres Karena Ini
Peneliti dan pengamat politik Denny JA menilai, dalam debat kedua capres Jokowi unggul dibandingan Prabowo Subianto. Yang pertama membuat unggul adalah, karena Jokowi dinilainya tahu lapangan. Yang kedua, Jokowi menjawab lebih sistematis, ketimbang Prabowo yang masih menjawab secara umum.

Ketiga, lanjut dia, Jokowi diklaimnya lebih realistis soal impor. Dimana, Capres petahana itu menjelaskan data dari tahun ke tahun, yang menunjukkan adanya perubahan kuota impor.

"Keempat, Jokowi terkesan lebih berpengalaman berkomunikasi. Dia mencontohkan pernah berkunjung ke pemukiman untuk memastikan kondisi nelayan. Itu biasa dilakukan sejak ia memimpun kota, provinsi, dan kini di tingkat negara," jelas Denny.

Dia juga menerangkan, yang membuat Prabowo kalah, yakni saat capres nomor 02 meminta moderator berhenti di saat mencari kontras perihal isu energi. Selain itu, masih kata Denny JA, perihal Jokowi menanyakan masalah kepemilikan tanah di Kalimantan Timur dan Aceh Tengah.

"Jokowi justru nampak superior dalam penguasan data, dan lebih mengenal masalah. Prabowo yang sebelumnya dikesankan lebih intelektual, lebih akademik, namun dalam debat head to head, ia tak sesiap Jokowi," ungkap Denny.

No comments

Powered by Blogger.