Trans Jawa Tersambung, Jakarta-Surabaya Bisa 10 Jam?

Trans Jawa Tersambung, Jakarta-Surabaya Bisa 10 Jam?
PEMBANGUNAN infrastruktur menjadi bukti kerja nyata pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Salah satu hasilnya, yakni terwujudnya Tol Trans Jawa dari Merak hingga Pasuruan. Selama periode 2015-2018, Pemerintah telah menyelesaikan pembangunan 616 kilometer (km) jalan tol. Jumlah itu jauh melebihi capaian pembangunan pada masa pemerintahan-pemerintahan sebelumnya.

Pada kurun 1978 sampai 2004, tol yang masuk ke dalam rute Trans Jawa hanya terbangun sepanjang 242 km. Bahkan, pada masa pemerintahan SBY, sejak 2005 hingga 2014, hanya mampu merealisasikan 75 km jalan tol yang menjadi bagian Trans Jawa.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuko Hadimuljono menyampaikan rasa terima kasih yang sangat besar kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyempurnaan Trans Jawa dalam kurun tiga tahun terakhir.
Pencapaian luar biasa di sektor infrastruktur tersebut tidak akan terwujud tanpa adanya sinergi yang erat antara berbagai kementerian, lembaga dan juga badan usaha baik milik negara dan juga swasta.

"Dua minggu sekali kami rapat dengan Kementerian ATR (Agraria dan Tata Ruang, Kementerian LHK (Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), tanpa kenal siapa yang harus berbuat, semua harus bersama-sama menyelesaikan. Kami semua bekerja, begitupun Kementerian Keuangan, Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, BUJT, BUMN Karya, semua mengawal proyek ini," ujar Basuki dalam acara peresmian Trans Jawa di Jembatan Tol Kalikuto, Ruas Semarang-Batang, Kendal, Jawa Tengah, Kamis (20/12).

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh masyarakat yang terdampak dari pembangunan infrastruktur tersebut. Kerja sama yang terjalin baik dengan penduduk di sekitar lokasi konstruksi dan sekitarnya merupakan salah satu unsur terpenting yang akhirnya membuat Trans Jawa terwujud.

No comments

Powered by Blogger.