Ekonomi Indonesia Bikin Cemburu Dunia

Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim memuji Indonesia sebagai negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup pesat. Hal ini disampaikan Kim dalam jumpa pers usai pertemuan dengan Presiden Joko Widodo, di Istana Merdeka, Jakarta.

"Indonesia memiliki tingkat pertumbuhan lebih dari lima persen yang akan membuat iri mayoritas negara di dunia," kata Kim.


Ekonomi Indonesia Bikin Cemburu Dunia

Kim mengatakan, kemitraan Bank Dunia dengan Indonesia sangat erat. Apalagi, selama ini dirinya telah bekerja sama dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani selama empat tahun di Bank Dunia.

Kim menambahkan, Bank Dunia akan mengadakan pertemuan tahunan. Indonesia sebagai tuan rumah akan menjadi salah satu tempat berinvestasi. "Ada leadership yang sangat kuat dari atas, ada industri pemula di begitu banyak daerah yang sekarang siap untuk investasi lebih besar," katanya.

Dia menegaskan bahwa Indonesia adalah negara yang sangat penting bagi dunia dan tujuan Bank Dunia di sini adalah bekerja sama dengan pemerintah maupun sektor swasta. "Kami akan menunjukkan seberapa cepat sebuah negara berkembang dapat beralih dari status rendah ke menengah ke atas. Kami percaya bahwa itu mungkin di sini," kata dia.

"Kami sangat yakin bahwa ini mungkin di bawah kepemimpinan Presiden Jokowi dan kami berkomitmen pada kemitraan ini dengan cara yang jarang dilakukan dengan negara seukuran ini," tambahnya

Dalam pertemuan dengan Kim, Jokowi mengatakan dia menginginkan angka pertumbuhan yang lebih besar lagi. Jokowi mengatakan dia berencana menjadikan Indonesia menjadi negara berpenghasilan tinggi dalam masa yang tidak begitu jauh.

Jokowi memang memasang target pertumbuhan ekonomi yang lebih besar dibanding yang dicapai pada 2016. Untuk 2018, Jokowi meminta penyusunan kapasitas fiskal dan pagu indikatif Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2018 dilakukan dengan semangat optimisme, meski tetap harus realistis dan kredibel.

No comments

Powered by Blogger.